Pengaruh Model Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Peduli Lingkungan pada Materi Limbah dan Daur Ulang di Kelas X SMA Swasta Al-Hikmah Medan

Lubis, Fatimah (2022) Pengaruh Model Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Peduli Lingkungan pada Materi Limbah dan Daur Ulang di Kelas X SMA Swasta Al-Hikmah Medan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_FATIMAH_LUBIS_0310172082.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_FATIMAH_LUBIS_0310172082.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB_II___SKRIPSI_FATIMAH_LUBIS.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB_III_FATIMAH_LUBIS_0310172082.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB_IV_FATIMAH_LUBIS_0310172082.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB_V_FATIMAH_LUBIS_0310172082.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_FATIMAH_LUBIS_0310172082.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa di SMA Swasta Al-hikmah Medan dengan menerapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) pada materi limbah dan daur ulang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dengan sampel berjumlah 40 siswa dikelas eksperimen dan 49 siswa dikelas kontrol. Teknik pengambilan sampel berupa Non-Probability sampling (Pengambilan secara teratur) dengan tipe Purposive Sampling. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi-Eksperiment dengan model Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa pre-test dan juga post-tes terhadap hasil belajar dan angket digunakan untuk mengukur sikap peduli lingkungan. Hasil penelitian yang diperoleh pada hasil belajar yaitu, rata-rata nilai post-test pada kelas kontrol 74.53 sedangkan pada kelas eksperimen 84.1, untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh nilai thitung 6.4090 dan ttabel 1.991. Pada sikap peduli lingkungan, semua indikator mengalami kenaikan di kelas eksperimen disbanding kelas kontrol, dengan rata-rata kenaikan sebesar 6,83%. Pembelajaran dengan model Meaningful instructional Design (MID) ini dapat menjadi salah satu solusi bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi yang dipelajari dan juga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:42
Last Modified: 04 Feb 2025 03:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24471

Actions (login required)

View Item View Item