Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Ouside Circle Berbanruan Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika

Qulsum, Nesaa Ovia (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Ouside Circle Berbanruan Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_NESSA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_oke.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI-1.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB_III_oke.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_oke.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB_v_oke.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Nessa_Ovia_Qulsum.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbantuan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Ira Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian ini adalah degan pendekatan kuantitatif dengan penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Swasta Ira dengan jumlah sampel kelas eksperimen 28 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria yang diterapkan yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan test pretest dan posttest yang kemudian data diolah menggunakan SPSSS. Kemudian data yang diperoleh dan diolah menggunakan SPSS yang menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menunjukkan bahwa model IOC berbantuan media audiovisual memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji deskriptif statistic menunjukan kelas eksperimen mengalami peningkatan rata rata (Mean) dari nilai 57.68 pada pretest menjadi 86.61 pada posttest. Ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle berbantuan media audiovisual. Dalam kelas kontrol juga mengalami peningkatan rata rata nilai dari 60.36 pada pretest menjadi 81.61 pada posttest, namun peningkatan ini lebih kecil dibandingkan dengan kelas eksperimen. Berdasarkan uji Independent samples t- test menunjukan bahwa signifikasi sebesar 0.024 pada taraf signifikasi α = 0.05. Oleh karena itu karena taraf signifikasi two sided p sebesar 0.024 yang artinya kurang dari 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain tersebut menunjukan bahwa nilai N-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 0.6910 dalam kriteria gain yang telah ditetapkan termasuk kedalam peningkatan sedang, berdasarkan N-gain persen untuk kelas eksperimen adalah sebesar 69.10% termasuk kedalam kategori cukup efektif dengan nilai score gain minimal 23 % dam maksimal 100%. Begitu juga dalam kelas kontrol, N-gain score dalam kelas kontrol sebesar 0.5329 yang termasuk dalam peningkatan sedang dalam kriteria gain. Berdasarkan N-gain persen untuk kelas kontrol adalah sebesar 53.29% yang termasuk kedalam kategori kurang efektif dengan nilai score gain minimal 13% dan maksimal 90%, dikategorikan kurang efektif dengan nilai gain minimal 13% dan maksimal 90%

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 03:20
Last Modified: 03 Feb 2025 03:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24408

Actions (login required)

View Item View Item