Pengembangan Media Kartu REMPA Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Critical Thingking Pada Anak Kelas IV di MIS TPI AlFajar

Awalushihab, Ahmad Fajar (2024) Pengembangan Media Kartu REMPA Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Critical Thingking Pada Anak Kelas IV di MIS TPI AlFajar. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__Bab_I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3__BAb_II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
4__BAB_III.pdf

Download (992kB)
[img] Text
5__BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6__BAB_V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Hanya_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Media Kartu REMPA Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Critical Thingking Pada Anak Kelas IV di MIS TPI Al-Fajar”, yang dilatar belakangi bahwa siswa sulit untuk fokus, berpikir kritis, memahami pada pelajaran IPA dan menganggap bahwa IPA adalah kelas yang membosankan serta sulit. Hal ini terjadi dikarenakan kurang nya penunjang pembelajaran seperti media pembelajaran yang mengakibatkan siswa mudah bosan dan sulit berpikir. Maka penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa valid, praktis dan efisien dalam mengembangkan media Kartu Remi pada pembelajaran IPA untuk melatih Critical Thingking pada anak kelas IV di MIS TPI Al-Fajar. Metodologi penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, angket uji kepraktisan dan uji keefektifan menggunakan tes LKPD (lembar kerja peserta didik). Teknik analisis data yang digunakan adalah angket skala likert dan melakukan persiapan untuk memberi saran dan komentar. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi ahli media dan materi, lembar angket respon guru dan siswa serta tes untuk mengukur tingkat efektivitas media. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan oleh kedua validator menunjukkan bahwa pengembangan media Kartu Remi pada pembelajaran IPA atau disebut Kartu REMPA (Remi IPA) termasuk dalam kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata kevalidan dari ahli media dan materi sebesar 97,9% sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Hasil angket respon guru dan siswa menunjukkan bahwa Kartu REMPA termasuk dalam kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata kepraktisan sebesar 98,4%. Kemudian hasil keefektifan Kartu REMPA yang melibatkan calon pengguna produk (siswa) dikategorikan dikategorikan efektif dalam pembelajaran dengan perolehan skor rata-rata 91,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Kartu Remi yang telah dikembangkan dalam hal ini disebut Kartu REMPA (Remi IPA) dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan untuk dalam pembelajaran IPA untuk melatih critical thingking pada anak kelas IV di MIS TPI Al-Fajar.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:46
Last Modified: 31 Jan 2025 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24336

Actions (login required)

View Item View Item