Kesiapan dan Tantangan Guru PAI dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Swasta Budi Agung Medan

Batubara, Siti Rahmi (2024) Kesiapan dan Tantangan Guru PAI dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Swasta Budi Agung Medan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB_4.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB_5.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui kesiapan dan tantangan guru PAI dalam penerapan kurikulum merdeka di SMA Swasta Budi Agung Medan. Langkah pertama atau paling mendasar pada kegiatan belajar ialah memastikan kalau guru siap mengajar di sekolah, karena setiap kegiatan yang berlangsung merupakan gagasan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perkembangan kurikulum sekolah pasti menghasilkan dampak terhadap guru pada kegiatan belajar. Namun, tidak semua guru dapat melakukan hal ini, beberapa guru masih menemui tantangan dalam membangun kurikulum yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menjelaskan kalau kesiapan guru PAI harus dimulai dari diri guru itu tersendiri, seorang guru harus siap dengan keadaan apapun, termasuk pergantian kurikulum. Siap tidak siap harus siap, itu yang wajib dilakukan seorang guru. Pada penerapan kurikulum merdeka pastinya terdapat tantangan. Hal ini disebabkan kurikulum merdeka termasuk baru, maka perlunya adaptasi untuk mengurangi tantangan yang ada dalam penerapan kurikulum merdeka, seperti guru harus selalu aktif menyelenggarakan pelatihan dalam bentuk workshop dan menyusun perangkat ajar. Untuk mencegah kendala yang ada didalam kurikulum merdeka, guru PAI harus mampu memahami karakteristik dari sebuah kurikulum tersebut. Sekolah harus dapat membuat guru memahami pemahan dasar tentang kurikulum merdeka. Sekolah harus lebih sering melaksanakan pelatihan atau workshop untuk guru. Hal ini bertujuan untuk menunjang pengetahuan guru mengenai kurikulum merdeka.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:27
Last Modified: 31 Jan 2025 08:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24327

Actions (login required)

View Item View Item