Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.

Kalkautsar, Muhammad (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER (18).pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB_I (14).pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB_II (12).pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB_III (17).pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB_IV (16).pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB_V (20).pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (18).pdf

Download (864kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi terhadap belajar siswa di Kelas Kontrol dan Kelas eksperimen sebelum menggunakan metode Role Playing pada mata pelajaran IPS kelas V materi peran tokoh dalam persiapan kemerdekaan di SD Negeri 104205 Desa Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104205 Desa Tembung yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini menggunakan metode random sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri atas satu kelas eksperimen (V-A) dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang dan satu kelas kontrol (V - B) dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa adalah tes pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan angket. Analisis data menggunakan uji statistic dengan bantuan program SPSS seri 26.0. hasil penelitian yang dilaksanakan, maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan komunikasi belajar siswa SD Negeri 104205 Desa Tembung.Hal ini juga dibuktika dari hasil pengujian hipotesis dimana nilai sig. (2-failed) pada kelas eksperimen 0,000 < 0,05 yaitu terdapat pengaruh pada perlakuan dikelas eksperimen maka, Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf α= 0,05. Untuk penelitian lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara terperinci yang belum terjangkau saat ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:47
Last Modified: 24 Jan 2025 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item View Item