Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MIS YPI Batangkuis

Khairina, Miftah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MIS YPI Batangkuis. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_Miftah_OK.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB_I_Miftah.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB_II_Miftah.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB_III_Miftah.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB_IV_Miftah.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB_V_Miftah.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_Miftah_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MIS YPI Batangkuis” yang didasari oleh penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran masih tergolong rendah sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan membaca pemahaman pada kelas kontrol, pengaruh model pembelajaran word square terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen dan perbedaan pengaruh yang signifikan di MIS YPI Batangkuis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan metodologi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretestposttest yang melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian dilakukan pada populasi siswa kelas IV MIS YPI Batangkuis yang berjumlah 46 orang, yang dibagi menjadi dua kelompok secara merata, yaitu kelompok kontrol yang berjumlah 23 siswa dan kelompok eksperimen yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes sebagai teknik pengumpulan data primer. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t diperoleh nilai sebesar 1,680. Setelah membandingkan nilai dan , diketahui bahwa lebih besar dari (3,378 > 1,680) pada taraf signifikansi 5%. Hasilnya hipotesis alternatif ( ) diterima sedangkan hipotesis nol ( ) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diuji dalam penelitian ini dapat didukung, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran word square terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa di MIS YPI Batangkuis.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:47
Last Modified: 24 Jan 2025 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24003

Actions (login required)

View Item View Item