ZAHROH PANJAITAN, UMAIMAH (2024) Pengaruh Motivasi Kerja Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Haji Medan. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.
Text
Cover_banyak.pdf Download (423kB) |
|
Text
BAB_1_.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB_2_UMES_.pdf Download (458kB) |
|
Text
BAB_3_UMES.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB_4_UMES.pdf Download (389kB) |
|
Text
BAB_5_UMES.pdf Download (153kB) |
|
Text
dapus_umes.pdf Download (213kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan salah satu cara pelayanan yang diberikan kepada pasien untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan. Perawat merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Oleh karna itu diperlukannya perawat yang termotivasi baik dalam bekerja agar memperoleh kualitas pelayanan yang terbaik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Haji Medan. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatory dengan pendekatan Cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 55 orang perawat. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan variabel yang diteliti meliputi kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan social, kebutuhan pengakuan dan kebutuhan aktualisasi diri. Data diolah dengan uji Chi-Square menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kebutuhan fisiologis dengan kualitas pelayanan (p-value =0,020) dengan nilai OR=0,247, terdapat hubungan antara kebutuhan rasa aman dengan kualitas pelayanan (p-value = 0,035) dengan nilai OR=3,526, terdapat hubungan antara kebutuhan sosial dengan kualitas pelayanan (p-value =0,030) dengan nilai OR=0,226, terdapat hubungan antara kebutuhan pengakuan dengan kualitas pelayanan (p-value =0,034) dengan nilai OR=3,429, terdapat hubungan antara kebutuhan aktualisasi diri dengan kualitas pelayanan (p-value =0,040) dengan nilai OR=0,277. Dari hasil penelitian terdapat hubungan antara pengaruh motivasi kerja perawat terhadap kualitas pelayanan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 03:42 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 03:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23976 |
Actions (login required)
View Item |