Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Smk Tritech Informatika Medan

Hananiyah, Annisa (2024) Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Smk Tritech Informatika Medan. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_ANNISA_HANANIYAH_0307202020.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_ANNISA_HANANIYAH_0307202020.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_ANNISA_HANANIYAH_0307202020.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_ANNISA_HANANIYAH_0307202020.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_ANNISA_HANANIYAH_0307202020.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_ANNISA_HANANIYAH_0307202020.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_ANNISA_HANANIYAH_0307202020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran mulai dari penggunaan media pembelajaran efektif, faktor-faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran, dan upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan efektivitas penggunaan media pembelajaran di SMK Tritech Informatika Medan. Melihat ada beberapa permasalahan dalam efektivitas pemanfaatan media pembelajaran. Guru belum efektif dalam memanfaatkan media pembelajaran yang ada membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar dan belum efektif dalam mendesain media pembelajaran yang menarik. Selain itu, pada media pembelajaran audiovisual yang sudah disediakan sekolah di ruangan podcast itu sangat jarang digunakan atau dimanfaatkan dan masih ada beberapa guru yang belum efektif dalam penggunaan dan memilih media pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan pendekatan secara rinci terhadap objek penelitian yang bersumber melalui data primer dan sekunder. Adapun dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu pertama observasi kemudian wawancara dan terakhir dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara berupa pedoman yang terdiri dari beberapa pertanyaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tringulasi sumber, tringulasi teknik, dan tringulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa efektivitas pemanfaatan media pembelajaran berjalan dengan baik. Penggunaan media pembelajaran yang efektif sudah diterapkan dalam prosedu pengadaan media pembelajaran, pemeliharaan media pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi. Faktor yang menjadi pendukung yaitu kelengkapan media pembelajaran dan mendesain media pembelajaran, faktor penghambat yaitu media yang bergantung pada listrik akan menjadi kendala jika mati lampu. Upaya efektivitas pemanfaatan media pembelajaran di SMK Tritech Informatika Medan dilakukan dengan memperhatikan memilih penggunaan media pembelajaran yang tepat dan pengelolaan media pembelajaran yang efektif dan efisien

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:16
Last Modified: 23 Jan 2025 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23882

Actions (login required)

View Item View Item