Akhir, Muhammad (2024) Manajemen Kelembagaan Pendidikan Tinggi Berbasis Kealwashliyahan di Univa Medan. Doctoral thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
CAVER_DKK_compressed.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB_I_compressed.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB_II_compressed.pdf Download (834kB) |
![]() |
Text
BAB_III_compressed.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_compressed.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_V_compressed.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_compressed.pdf Download (752kB) |
Abstract
Manajemen kelembagaan pendidikan tinggi berbasis kealwashliyahan terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, kepemimpinan, dan pengawasan. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai nilai-nilai universal, nilai-nilai Islam, dan kealwashliyahan secara efektif dan efisien. Kurangnya optimalisasi pada digitalisasi mengakibatkan lembaga mengalami stagnan termasuk pembelajaran kitab kuning yang menjadi ciri khas. Jenis penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian : (1) Perencanaan berbasis nilai yang terdiri dari nilai-nilai universal, nilai-nilai Islam, dan kealwashliyahan. Menjadikan nilai ibadah dan mumtaz sebagai nilai dasar, menetapkan visi mumtaz, peningkatan inprastruktur, akreditasi, spritualitas, pembukaan pascasarjana, digitaliasi, jati diri universitas, RIP, research university, WCU, GUG, pengembangan KKNI + ma’had aly, serta pengembangan Tri Dharma menjadi Catur Dharma. (2) Pengorganisasian berbasis nilai yang terdiri dari nilai-nilai universal, nilai-nilai Islam, dan kealwashliyahan. Pengorganisasian dilaksanakan dengan menetapkan tujuan bersama, profesional dan proporsional, fit and profertest, serta membangun trust. (3) Pengarahan berbasis nilai yang terdiri dari nilai-nilai universal, nilai-nilai Islam, dan kealwashliyahan. Metode pengarahan 3T+1H, keterlibatan langsung, koordinasi, penetapan juknis, kesatuan komunitas, focus pada tujuan, Tri Dharma dan Catur Dharma. (4) Kepemimpinan berbasis nilai yang terdiri dari nilai-nilai universal, nilai-nilai Islam, dan kealwashliyahan. Pemimpin harus memiliki kompetensi, mencontoh kepemimpinan Rasul, motivasi, serta menerapkan digital leadership. (5) Pengawasan berbasis nilai yang terdiri dari nilai-nilai universal, nilai-nilai Islam, dan kealwashliyahan. Pengawasan dilaksanakan dengan sistem ganda yang terdiri dari internal dan eksternal, keterlibatan organisasi induk, pengawasan Tri Dharma & Catur Dharma, serta pengawasan yang didasarkan pada nilai katauhidan.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 04:18 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 04:18 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |