Optimalisasi Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Di MTs N 2 Deli Serdang

Padang, Rismoninta (2024) Optimalisasi Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Di MTs N 2 Deli Serdang. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI_RISMONINTA_PADANG_COVER.pdf

Download (983kB)
[img] Text
SKRIPSI_RISMONINTA_PADANG_BAB_1_PENDAHULUAN.pdf

Download (847kB)
[img] Text
SKRIPSI_RISMONINTA_PADANG_BAB_2_ACUAN_TEORI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_RISMONINTA_PADANG_BAB_3_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf

Download (582kB)
[img] Text
SKRIPSI_RISMONINTA_PADANG_BAB_4_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (950kB)
[img] Text
SKRIPSI_RISMONINTA_PADANG_BAB_5_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text
SKRIPSI_RISMONINTA_PADANG_DAFTAR_PUSTAKA_DAN_DOC_LAMPIRAN_New.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) untuk mengetahui Manajemen Madrasah di MTs N 2 Deli Serdang dalam mendukung dan mengoptimalkan pelaksanaan ekstrakulikuler sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa (2) untuk mengetahui sejauh mana konstribusi kegiatan ekstrakulikuler terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di MTs N 2 Deli Serdang (3) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh madrasah dalam mengelola kegiatan ekstrakulikuler dan bagaimana pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Pembina Eksrakulikuler dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data dilakukan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) manajemen madrasah pada kegiatan ekstrakulikuler dalam meningkatkan prestasi belajar siswa meliputi, pertama perencanaan kegiatan ekstrakulikuler dilakukan berdasarkan panduan EDM (Evaluasi Diri Madrasah), dalam perencanaan melibatkan kepala madrasah, guru dan stakeholder serta menyediakan sarana prasana yang dibutuhkan pada kegiatan. Kedua, pengorganisasian dilakukan oleh para guru Pembina ekstrakulikuler dengan pemberian tugas bagi Pembina di bidangnya. Ketiga, pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler dilakukan setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan keempat, pengawasan dilakukan dengan adanya presensi kehadiran guru/pelatih dan siswa. (2) sejauhmana konstribusi kegiatan ekstrakulikuler terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di MTs N 2 Deli Serdang sudah lebih baik dan meningkat, Itu dapat dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga konstribusi tersebut berupa siswa yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakulikuler, adanya pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar, adanya peningkatan keterampilan sosial dan kepemimpinan serta adanya dukungan fasilitas dari pihak madrasah. (3) kendala-kendalaya seperti kurangnya anggaran dana, jarak dan waktu, dan kurangnya kesadaran guru dan orang tua dengan pentingnya kegiatan ekstrakulikuler ini serta minimnya partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler ini dalam menggali potensi diri mereka.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:57
Last Modified: 22 Jan 2025 04:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23668

Actions (login required)

View Item View Item