Peran kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan kurikulum Merdeka Di Mts. Negeri 2 Medan

Andriani, Sri (2024) Peran kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan kurikulum Merdeka Di Mts. Negeri 2 Medan. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_SRI_ANDRIANI.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB_1_SKRIPSI_SRI_ANDRIANI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB_2_SKRIPSI_SRI_ANDRIANI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB_3_SKRIPSI_SRI_ANDRIANI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB_4_SKRIPSI_SRI_ANDRIANI.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB_5_SKRIPSI_SRI_ANDRIANI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_SKRIPSI_SRI_ANDRIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukImengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka, peran kepemimpinan kepalaImadrasah dalam pengembangan kurikulum merdeka dan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kurikulum merdeka di MTs. Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatanIfenomenologi. Untuk proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan beberapa orang guru. Berdasarkan hasil penelitian bahwaIpelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah MTs. Negeri 2 Medan dimulai pada tahun ajaran 2022/2023 dengan mengajarkan siswa untuk membuat projek pada setiap mata pelajaran dan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam pengembangan kurikulum merdeka kepala madrasah berperan sebagai evaluator, supervisor dan fasilitator. Sebagai evaluator kepala madrasah melakukan evaluasi dengan memantau dan mengamati pelaksanaan kurikulum merdeka ini yang dilakukan per 6 bulan sekali. Kemudian sebagai supervisor, setiap setahun sekali kepala madrasah memantau dan menilai langsung strategi guru dalam mengajar di dalam kelas. Sebagai fasilitator, kepala madrasah melengkapi sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar serta memberikan pelatihan kepada guru mengenai penerapan dan pengembangan kurikulum merdeka. Adapun faktor pendukung dalam pengembangan kurikulum merdeka di MTs. Negeri 2 Medan yaitu; adanya sarana dan prasarana yang memadai, kompetensi dan kesiapan guru serta kepemimpinan kepala sekolah. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam pengembangan kurikulum merdeka di MTs. Negeri 2 Medan, yaitu; sarana dan prasarana yang kurang mamadai, kurangnya kompetensi dan kesiapan guru serta kurangnya kerjasama kepala madrasah dengan guru. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kurikulum Merdeka

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:33
Last Modified: 21 Jan 2025 07:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23568

Actions (login required)

View Item View Item