Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sekolah

Rangkuti, Hamidah Farhani (2024) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sekolah. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_SKRIPSI_Hamidah_Farhani_Rangkuti.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Bab_I_SKRIPSI_Hamidah_Farhani_Rangkuti_docx.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB_II_SkripsiHamidah_Farhani_Rangkuti_docx_compressed.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_Hamidah_Farhani_Rangkuti_compressed.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB_IV_Skripsi_Hamidah_Farhani_Rangkuti_docx.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Bab_V_Skripsi_Hamidah_Farhani_Rangkuti_docx.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN_Skripsi_Hamidah_Farhani_Rangkuti_compressed-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini memiliki beberapa masalah yaitu rendahnya keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh kurangnya memaksimalkan metode dan media pembelajaran serta kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif bersifat quasi eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual dan kelas V B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitan ini adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 57,97 dan nilai rata-rata posttest 83,19. Dari hipotesis uji-t diperoleh nilai thitung 8.653 > ttabel 1,679 pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dan df (n1=n1) -2 = (23+23)-2= 44. Artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Sekolah Dasar tahun ajaran 2023/2024.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:25
Last Modified: 20 Jan 2025 03:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23416

Actions (login required)

View Item View Item