Pengaruh Model Pembelajaran Role-Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Min 4 Kota Medan

Hidayah Hasibuan, Nurul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Role-Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Min 4 Kota Medan. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_NURUL.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB_1_SKRIPSI_NURUL.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB_2_SKRIPSI_NURUL.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB_3_SKRIPSI_NURUL.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB_4_SKRIPSI_NURUL.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB_5_SKRIPSI_NURUL.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_NURUL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitaian yang telah dillakukan berjudul : Pengaruh Model Pembelajaran Role-Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV MIN 4 Kota Medan. penelitian dilaksanakan berdasarkan fenomena lapangan yang menunjukkan bahwa siswa yang masih mengalami kesulitan dalam berbicara. kesulitan dalam berbicara diantaranya siswa mampu menyampaikan pesan dengan baik namun masih menggunakan bahasa ibu, malu dan grogi berbicara didepan kelas bahkan lupa dengan apa yang akan disampaikan. Role-playing adalah salah satu model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan bicara siswa. Model ini dapat membantu siswa menjadi lebih aktif, mandiri, dan bahagia selama tahap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role-playing terhadap keterampilan berbicara siswa. Dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dan desain quasi-eksperimen, penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 112 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 59 siswa, di mana kelas IV A sebagai kelas eksperimen mencakup 31 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol terdiri dari 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non-tes berupa tes kinerja (unjuk kerja). Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t (t-test) setelah terlebih dahulu melakukan uji normalitas. Hasil nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menyimpulkan bahwa model role-playing memiliki dampak positif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di MIN 4 Kota Medan. Kata kunci : Model Pembelajaran, Role-playing¸ Keterampilan berbicara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:03
Last Modified: 16 Jan 2025 05:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23311

Actions (login required)

View Item View Item