Batu Bara, Aprillia Nurul Azmi (2024) Efektivitas Pengawasan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Mas Pab 1 Sampali. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara.
Text
COVER_WATERMARK.pdf Download (763kB) |
|
Text
BAB_I_APRILLIA_NURUL_AZMI_BATU_BARA_WATERMARK.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB_II_APRILLIA_NURUL_AZMI_BATU_BARA_WATERMARK.pdf Download (777kB) |
|
Text
BAB_III_APRILLIA_NURUL_AZMI_BATU_BARA_WATERMARK.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB_IV_APRILLIA_NURUL_AZMI_BATU_BARA_WATERMARK.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB_V_APRILLIA_NURUL_AZMI_BATU_BARA_WATERMARK.pdf Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKALAMPIRAN_APRILLIA_NURUL_AZMI_BATU_BARA_WATERMARK.pdf Download (743kB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Efektivitas Pengawasan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di MAS PAB 1 Sampali” yang dilatarbelakangi bahwa pentingnya kedisiplinan dalam lembaga pendidikan, khususnya di MAS PAB 1 Sampali, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Kedisiplinan menjadi fondasi bagi terciptanya proses pembelajaran yang baik dan teratur. Ketidakdisiplinan, seperti keterlambatan guru, berdampak negatif pada kenyamanan dan efektivitas proses belajar-mengajar. Kepala madrasah memiliki peran penting dalam mengawasi dan memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk mematuhi aturan dan meningkatkan kedisiplinan. Dengan disiplin yang baik, kualitas pendidikan dan prestasi pembelajaran dapat ditingkatkan. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk melakukan penelitian ini, memberikan penjelasan yang lebih menyeluruh tentang topik penelitian. Tiga metode pengumpulan data digunakan: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Wawancara dalam bentuk pedoman dengan beberapa pertanyaan digunakan sebagai alat bantu studi. Tringualisasi, termasuk tringualisasi sumber, digunakan dalam teknik analisis data, tringulasi teknik dan tringulasi waktu. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Efektivitas Pengawasan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAS PAB 1 Sampali sudah diterapkan dengan baik oleh kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan. Pengawasan kepala madrasah di MAS PAB 1 Sampali, yang melibatkan perencanaan matang, pelaksanaan kolaboratif, dan evaluasi menyeluruh, berhasil meningkatkan kesadaran dan komitmen terhadap disiplin. Peran kepala madrasah yang sistematis dan konsisten menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas tinggi, meski tetap ada hambatan yang dihadapi. Berdasarkan temuan penelitian diatas maka pengawasan kepala madrasah harus layak diterapkan dan dilaksanakan sebagai solusi menciptakan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan yang lebih disiplin untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:16 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:16 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23295 |
Actions (login required)
View Item |