Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV

Siregar, Putri Akhiriyani (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_PUTRI_AKHIRIYANI_SIREGAR_(0306202032).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_PUTRI_AKHIRIYANI_SIREGAR_(0306202032).pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_PUTRI_AKHIRIYANI_SIREGAR_(0306202032).pdf

Download (780kB)
[img] Text
ВАВ_ІII_SKRIPSI_PUTRI_AKHIRIYANI_SIREGAR_(0306202032).pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_PUTRI_AKHIRIYANI_SIREGAR_(0306202032).pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_PUTRI_AKHIRIYANI_SIREGAR_(0306202032).pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_PUTRI_AKHIRIYANI_SIREGAR_(0306202032).pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV” yang dilatarbelakangi bahwa penggunaan bahan ajar pada mata pelajaran PPKn masing jarang digunakan karena pendidik hanya berpatokan kepada buku paket sebagai pegangan. Serta dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik guru hanya menggunakan tes pilihan berganda yang ada di buku paket tanpa meminta peserta didik membuat gagasan sendiri dari pengetahuan yang telah diperolehnya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh setelah bahan ajar divalidasi 3 ahli validator yakni ahli materi memperoleh rata-rata skor 89,3% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 94,3% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dan hasil penilaian validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata skor 82% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil penilaian guru terhadap bahan ajar berbasis pemecahan masalah memperoleh rata-rata skor 94,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis pemecahan masalah sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:22
Last Modified: 14 Jan 2025 07:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23205

Actions (login required)

View Item View Item