Rusda, Hastina (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script Terintegrasi Al-Qur’an Pada Konsep Sistem Reproduksi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAS Al-Washliyah 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
Cover (3).pdf Download (909kB) |
|
Text
BAB_I_.pdf Download (723kB) |
|
Text
BAB_II_.pdf Download (989kB) |
|
Text
BAB_III_.pdf Download (906kB) |
|
Text
BAB_IV_.pdf Download (749kB) |
|
Text
BAB_V_.pdf Download (545kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script Al-Quran Terpadu pada Konsep Sistem Reproduksi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAS Al-Washliyah 3 Medan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok kontrol nonequivalent, yang dikenal dengan quasi-eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 48 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas XI IPA-1 yang berjumlah 26 siswa dan kelas XI IPA-2 yang berjumlah 22 siswa. Kelas XI IPA-1 berperan sebagai kelas kontrol pada saat pelaksanaan pembelajaran, sedangkan kelas XI IPA-2 berperan sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan hasil tes awal dan tes akhir pembelajaran yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script terpadu Al-Qur'an, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script tanpa terpadu Al-Qur'an. Hasil yang kurang ideal diamati untuk capaian pembelajaran di kelas kontrol ketika Metode Pembelajaran Cooperative Script tidak diintegrasikan dengan Al-Qur'an. Rata-rata 78,6 menggambarkan tujuan pembelajaran. Metode Pembelajaran Cooperative Script yang Diintegrasikan dengan Al-Qur'an menghasilkan peningkatan capaian pembelajaran di kelas eksperimen. Rata-rata (85,7), modus (87) dan median (87), nilai maksimum (97), dan nilai terendah (75) semuanya menunjukkan capaian pembelajaran. Pada tingkat kesalahan 5%, perhitungan uji-t sampel independen mengungkapkan bahwa t tabel < t hitung (3,07 > 2,01). Kelas eksperimen memiliki persentase kenaikan yang lebih tinggi dari pretest ke posttest (85,15%) dibandingkan dengan kelas kontrol (77,98%). Oleh karena itu, penerapan pendekatan pembelajaran Cooperative Script secara efektif memberikan kontribusi 55% dari total. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang memanfaatkan Metode Pembelajaran Al-Quran Cooperative Script Terpadu dan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan Metode Pembelajaran Al-Quran Cooperative Script Non Terpadu berbeda secara signifikan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Script, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 08:24 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 08:24 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22985 |
Actions (login required)
View Item |