PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS VII MTs PAB 3 HELVETIA

ANDRIANI . N, DIAN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI INTERAKSI SOSIAL KELAS VII MTs PAB 3 HELVETIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1__cover-1.pdf

Download (928kB)
[img] Text
2__Bab_I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
3__Bab_II.pdf

Download (592kB)
[img] Text
4__BAb_III.pdf

Download (782kB)
[img] Text
5__BAb_IV.pdf

Download (490kB)
[img] Text
6__Bab_V.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Pembelajaran Discovery Learning. pada materi Interaksi Sosial dikelas VII MTs PAB 3 HELVETIA tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VII MTs PAB 3 Helvetia. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII-1 (kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran model Pembelajaran Discovery Learning dan 30 siswa kelas VII-2 (kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes berupa soal-soal pilihan berganda. Analisis data yang dilakukan dengan Uji-t. Temuan ini menunjukkan bahwa: Nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 58,80 dan nilai postest 72,73. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 61,13 dan nilai postest 78,67. Dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005, maka disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas Pre-test dengan Post-test siswa. Kemudian nilai Sig. (2-tailed) didapat sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,287 > 2.04227. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa, dimana nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebihtinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Siswa; Model Pembelajaran Discovery Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:32
Last Modified: 03 Oct 2024 02:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22770

Actions (login required)

View Item View Item