Pengembangan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Randi, Muhammad Sinar (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__Cover_compressed.pdf

Download (641kB)
[img] Text
2__BAB_I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
3__BAB_II.pdf

Download (783kB)
[img] Text
4__BAB_III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
5__BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6__BAB_V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
7__Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tahapan pengembangan modul pembelajaran jarak jauh berbasis komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Kelayakan modul pembelajaran jarak jauh berbasis komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) Kepraktisan modul pembelajaran jarak jauh berbasis komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (4) Efektifitas modul pembelajaran jarak jauh berbasis komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yang merupakan perpanjangan dari Analysis, Design, Development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT DOD Medan sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan dalam pengembangan modul pembelajaran jarak jauh berbasis komik SDIT DOD Medan. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan modul terlebih dahulu dilakukan dengan analisis kinerja (performance analysis) dan analisis kebutuhan (need analysis), kemudian melakukan tahapan design (desain). Produk yang dihasilkan sebagai media pembelajaran dipergunakan untuk memfasilitasi siswa dalam belajar. (2) Kelayakan modul dilakukan dengan validasi oleh ahli materi dengan perolehan persentase 66,25% berkategori valid, validasi oleh ahli media diperoleh persentase 78,75% juga berkategori valid, dan validasi dari guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SDIT DOD Medan diperoleh persentase 86,67% berkategori sangat valid. Sehingga skor rata-rata keseluruhan persentase yaitu 77,22%, dengan kategori valid. (3) Kepraktisan modul dilakukan dengan uji terbatas (uji coba dalam lingkup skala kecil) dengan perolehan persentase 78,33% berkategori praktis, dan uji lapangan (uji coba dalam lingkup skala luas) dengan perolehan persentase 89,02% berkategori sangat praktis. Sehingga diperoleh skor rata-rata keseluruhan persentase yaitu 83,67%, dengan kategori sangat praktis. (4) Efektifitas modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa diperoleh skor normalized gain (N-Gain) 0,52 yaitu berada pada kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan modul pembelajaran jarak jauh berbasis komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam efektif untuk meningkataan capaian hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Komik, Pembelajaran jarak Jauh
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:30
Last Modified: 22 Dec 2023 02:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

View Item View Item