Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAN 2 Tanjung Balai

Umam, Khairul (2023) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAN 2 Tanjung Balai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB_II_KHAIRUL_UMAM.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB_III_KHAIRUL_UMAM.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB_IV_KHAIRUL_UMAM.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB_V_KHAIRUL_UMAM.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_KHAIRUL_UMAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAN 2 Tanjung Balai” yang dilatarbelakangi Pentingnya supervisi pendidikan di lembaga pendidikan ternyata sejauh ini belum benar-benar diperhatikan. Hal ini tampak dengan berbagai praktik pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan dengan seadanya dengan tanpa adanya perencanaan yang matang. Salah satunya banyak ditemukan pendidik dalam mengajar setiap harinya tanpa dilengkapi dengan dokumen rencana pembelajaran yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Mestinya kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi sekaligus supervisor di sekolah benar-benar menjalankan fungsinya sebagai supervisor. Jika problem semacam ini terus dipertahankan maka dapat dipastikan proses pembelajaran di sekolah akan berjalan tidak menuju pada tujuan yang telah ditentukan yang tentu saja dapat merugikan generasi bangsa (anak didik). Metodologi penelitian dalam penelitian ini merupakan qualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang mana pastisipan dalam wawancara adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Setelah peneliti melakukan observasi ke lapangan, peneliti melakukan wawancara langsung dengan partisipan dan mengambil gambar sebagai data dokumentasi. Alat pengolah data merupakan analisid dari data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor sangat dibutuhkan didalam sekolah, karena kepala sekolah merupakan pengawas dan memantau berjalannya proses pembelajaran, jika pembelajaran berjalan lancar, maka semakin baik mutu pembelajaran tersebut. Baik atau tidaknya suatu mutu pembelajaran tergantung dengan pengawasan kepala sekolah. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah sangat berperan penting sebagai supervisor dan perak kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah, mutu pembelajaran, supervisor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:46
Last Modified: 20 Dec 2023 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21826

Actions (login required)

View Item View Item