Model-model Pembelajaran Menulis Anak Usia Dini di Raudatul Athfal se-Kota Medan T.A 2021/2022

Harahap, Muhammad Nazri P (2022) Model-model Pembelajaran Menulis Anak Usia Dini di Raudatul Athfal se-Kota Medan T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (859kB)

Abstract

Model-Model Pembelajaran Menulis Anak Usia Dini Di Raudatul Athfal Se-Kota Medan T.A 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana model-model menulis anak usia dini di RA Sekota Medan. (2) Apa saja faktor pendukung kemampuan menulis di RA Sekota Medan. (3) Apa saja faktor penghambat kemampuan menulis di RA Sekota Medan. Data diambil dari subjek penelitian yaitu guru-guru RA sekota Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan deskriptif analisis. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Menganalisis peneliti menggunakan dua tahap yaitu pengolahan data dan analisis data, dalam hal menganalisis data peneliti juga menggunakan dua metode yaitu analisis sebelum lapangan dan analisis lapangan dari kedua metode tersebut akan \ ditarik kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model-Model Pembelajaran Menulis Anak Usia Dini Di Raudatul Athfal Se-Kota Medan T.A 2021/2022. Hasil kesimpulan menunjukan (1) Model-Model Menulis Anak Usia Dini Di RA Sekota Medan yang dilakukan di RA Ibunda, RA Bunayya IV, dan RA ArRayhan, menggunakan model pembelajaran menulis anak usia dini pramenulis, dan model draf. Melatih tangan dengan bermain plastisin, meremas kertas dan bermain pasir, melempar, dan menangkap bola.dan memberikan reward serta memberikan penilaian kepada anak dalam pembelajaran menulis supaya anak semakin senang dalam pembelajaran menulis. (2) Faktor pendukung pembelajaran menulis, Seperti guru, orang tua dan lingkungan keluarga. Semua berpengaruh besar dalam pendidikan anak apalagi di usia dini. Memili dan menggunakan media pembelajaran berbentuk seperti puzzel huruf. mempercepat anak mngenal dan mulai mencoret-coret dibuku kasar. Selanjutnya memberikan reward dan pujian untuk memancing semangat anak dalam belajar menulis. (3) Kesulitan yang dialami anak dalam menulis ialah guru yang kurangnya kompetensi dan lambatnya anak dalam memahami huruf ataupun angka disebabkan daya tangkap anak yang berbeda-beda. Selain itu Anak-anak mudah bosan dalam menulis, Pensil patah, jari tangan masih kaku, tehnik yang salah dalam memegang pensil, menghayal, mengganggu teman, tidak mau menulis, sering mencoret-coret buku, mengganggu teman, bermain, dan ngobrol saat sedang belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model, Menulis, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:29
Last Modified: 18 Dec 2023 07:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item