Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru MAN se-Kota Medan

Bahri, Al Fajri (2023) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru MAN se-Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
2__Cover,_Lembar_Persetujuan,_Pengesahan_dll.pdf

Download (413kB)
[img] Text
3__BAB_I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4__BAB_II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
5__BAB_III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
6__BAB_IV.pdf

Download (382kB)
[img] Text
7__BAB_V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
8__Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka mewujudkan tujuan nasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka dibutuhkan persiapan dari berbagai pihak, termasuk salah satunya guru. Peran guru dalam pelaksanaan pendidikan sangat besar terhadap pencapaian kualitas pendidikan dikarenakan gurulah yang berhadapan secara langsung dengan peserta didik. Pencapaian keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh kinerja guru. Seorang guru diharuskan mempunyai keahlian dalam merencanakan dan mengelola program pembelajaran sehingga peserta didik dapat belajar secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan, 2) Pengaruh yang signifikan dari supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan dan 3) Pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research) dan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MAN se-kota Medan yang berjumlah 365 orang dan sampel penelitian berjumlah 55 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan dengan nilai signifikansi 0,049 < 0,05, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru MAN se-kota Medan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Gaya Kepemimpinan, Supervisi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:55
Last Modified: 18 Dec 2023 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21774

Actions (login required)

View Item View Item