MANAJEMEN PELAYANAN NIKAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SEI DADAP KABUPATEN ASAHAN

RAMADANI, AWALIA (2022) MANAJEMEN PELAYANAN NIKAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SEI DADAP KABUPATEN ASAHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img] Text
SKRIPSI_LIYA_SELESAI_COVER.pdf

Download (550kB)
[img] Text
SKRIPSI_LIYA_BAB_I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
SKRIPSI_LIYA_BAB_II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
SKRIPSI_LIYA_BAB_III.pdf

Download (85kB)
[img] Text
SKRIPSI_LIYA_BAB_III.pdf

Download (85kB)
[img] Text
SKRIPSI_LIYA_BAB_IV.pdf

Download (303kB)
[img] Text
SKRIPSI_LIYA_BAB_V.pdf

Download (58kB)
[img] Text
SKRIPSI_LIYA_DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pelayanan Nikah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif atau menggambarkan keadaan sosial yang ada sesuai faktanya dan menggunakan analisis peneliti. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa informan yang terdiri dari Kepala KUA, Pegawai KUA dan Masyarakat yang menikah pada masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen pelayanan nikah pada masa pandemi covid-19 di KUA Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan, Kantor Urusan Agama Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan sudah menerapkan manajemen pelayanan nikah pada masa pandemi covid-19 dengan baik dan semestinya. Selanjutnya KUA Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan menerapkan fungsi manajemen dalam melaksanakan manajemen pelayanan, dalam perencanaan KUA menyusun perencanaan dan tujuan guna memudahkan pelayanan yang akan diberikan, dalam pengorganisasian KUA membuat struktur kepengurusan agar para petugas mengetahui tugas dan pengelompokannya masing-masing. Kemudian dalam pelaksanaan disesuaikan dengan peraturan dari Kementerian Agama terkait pencegahan penularan virus covid-19 dan terdapat beberapa perbedaan dengan sebelum pandemi seperti tidak adanya BP4, dan pelaksanaan akad nikah harus mematuhi protokol kesehatan. Dan dalam pengawasan KUA Kecamatan Sei Dadap melakukan pengawasan secara langsung dengan membuat laporan dari pelaksanaan pelayanan nikah agar mudah melihat kekurangan sehingga akan lebih mudah mengevaluasi. (2) Apa saja kendala yang dihadapi KUA Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan dalam melaksanakan manajemen pelayanan nikah pada masa pandemi covid-19, kendala yang dihadapi KUA dalam melakukan manajemen pelayanan nikah pada masa pandemi covid-19 yaitu permasalahan jaringan internet serta penggunaan aplikasi untuk mendaftar secara online serta kendala dalam memberikan pengertian kepada keluarga calon pengantin mengenai peraturan dalam menjaga jarak dalam prosesi akad nikah. Kata Kuci: Manajemen Pelayanan, Nikah, KUA

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 17:58
Last Modified: 30 Dec 2023 17:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21426

Actions (login required)

View Item View Item