Akmalia, Rizki and Nst, Wahyuddin Nur and Siahaan, Amiruddin (2023) Pengaruh Efeksi Diri, Budaya Organisasi, Motivasi Berprestasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Batubara. Doctoral thesis, Universitas Negeri Islam Sumatera Utara Medan.
Text
COVER_BEBAS_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I.pdf Download (414kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Download (717kB) |
|
Text
BAB_III.pdf Download (565kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Download (668kB) |
|
Text
BAB_V.pdf Download (153kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
Abstract
Terdapat beberapa masalah yang terjadi dilapangan antara kinerja yang diharapkan dengan realisasi kinerja guru MA di Kabupaten Batubara saat ini pasca pandemi Covid-19. Apabila masalah ini tidak diberikan perhatian yang khususu dan ditangani dengan serius, maka akibatnya akan melemahkan mutu pendidikan madrasah bahkan menjadi kemunduran bagi kualitas lulusan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode korelasional eksplanatori, dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 16.0 Untuk mengetahui hasil indikator yang paling dominan dari variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi, dengan besar pengaruh langsung relatif (p31= 0,163) dan pengaruh langsung proporsional 0,027 atau 2,7%. 2) Budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi, dengan besar pengaruh langsung relatif (p32= 0,168) dan pengaruh langsung proporsional 0,028 atau 2,8%. 3) Efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja, dengan besar pengaruh langsung relatif (p41= 0,178) dan pengaruh langsung proporsional 0,032 atau 3,2%. 4) Budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja, dengan besar pengaruh langsung relatif (p42= 0,352) dan pengaruh langsung proporsional 0,124 atau 12,4%. 5) Efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru, dengan besar pengaruh langsung relatif (p51= 0,189) dan pengaruh langsung proporsional 0,036 atau 3,6%. 6) Budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru, dengan besar pengaruh langsung relatif (p52= 0,271) dan pengaruh langsung proporsional 0,073 atau 7,3%. 7) Motivasi berprestasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru, dengan besar pengaruh langsung relatif (p53= 0,221) dan pengaruh langsungproporsional 0,049 atau 4,9%. 8) Kepuasan kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru, dengan besar pengaruh langsung relatif (p54=0,199) dan pengaruh langsung proporsional 0,040 atau 4,0%. 9) Efikasi diri berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi sebesar 0.036 (3,6%). 10) Efikasi diri berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja guru sebesar 0,036 (3,6). 11) Budaya organisasi berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru sebesar 0,037 (3,7) 12) Budaya organisasi berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja guru sebesar 0,031 (3,1). Temuan model kinerja guru yang dirumuskan dalam penelitian ini merupakan novelty dari hasil penelitian yang memperlihatkan terbangunnya model peningkatan kinerja guru khususnya bagi guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Batubara. Model kinerja tersebut telah teruji fit sempurna dengan proporsi pengaruh variabel eksogenus yang dominan adalah variabel budaya organisasi, diikuti dengan efikasi diri, motivasi berprestasi dan diikuti dengan proporsi pengaruh paling kecil adalah variabel kepuasan kerja guru.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri, budaya organisasi, motivasi berprestasi, kepuasan kerja, kinerja guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Nur Fauziah Utami |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 16:26 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 16:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21297 |
Actions (login required)
View Item |