Zamzami, Zamzami (2023) Peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kualitas di Madrasah Tsanawiyah Al- Jihad kota Medan. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.
Text
cover_merged_compressed.pdf Download (890kB) |
|
Text
TESIS_-_BAB_1.pdf Download (442kB) |
|
Text
TESIS_-_BAB_2.pdf Download (622kB) |
|
Text
TESIS_-_BAB_3.pdf Download (436kB) |
|
Text
TESIS_-_BAB_4.pdf Download (650kB) |
|
Text
TESIS_-_BAB_5.pdf Download (404kB) |
|
Text
Daftar_Pustaka_LAMPIRAN_merged_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah Sebagai pemimpin Dalam Meningkatkan Kualitas pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Swasta AlJihad Kota Medan. Penelitian ini mengungkapkan peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah. Kepala madrasah harus mengoptimalkan kualitas pembelajaran untuk memenuhi harapan pendidikan. Madrasah berfungsi membina sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif, sehingga kelulusannya memenuhi kebutuhan masyarakat, baik pasar tenaga kerja sektor formal maupun sektor informal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan naturalistic. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Langkah analisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data dan kemudian menyimpulkan data. Untuk menguji validitas data dilakukan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yang berkaitan tentang : 1) peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam meningkatkan Kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Jihad Kota Medan adalah sebagai innovator, motivator, dan sebagai administrator 2) Program kepala madrasah terhadap Kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Swasta AlJihad Kota Medan antara lain adalah : a) Berpartisipasi aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan, b) Pendidikan dan latihan (inservice training), tugas belajar, seminar, workshop,serta konferensi Pembuatan karya tulis ilmiah, c) Menggerakkan tim evaluasi guru 3) Faktor pendukung kepala madrasah adalah : a. Pemerintah dan pihak yayasan, b) Internal madrasah (kepala madrasah, guru, dan siswa) c) Alumni, d) Pihak swasta dalam menjalin kerjasama Adapun Faktor Penghambatnya yaitu : a) Kurangnya penguasaan teknologi, dan kreatifitas guru, b) Kurangnya penelitian / karya ilmiah guru, c) Banyaknya admistrasi guru daripada mengembangkan kualitas pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Madrasah, Peran pemimpin, Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Tiopan Daris Siregar |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 08:12 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 08:35 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21241 |
Actions (login required)
View Item |