PENGARUH LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV MIS AD-DAKWAH KABANJAHE

BR SEMBIRING, FITRI ISMAYANTI (2023) PENGARUH LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV MIS AD-DAKWAH KABANJAHE. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_FITRI_UINSU_(1)-2_(1).pdf

Download (571kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRI_UINSU_(1)-16-25.pdf

Download (449kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRI_UINSU_(1)-26-52.pdf

Download (653kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRI_UINSU_(1)-53-64.pdf

Download (559kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRI_UINSU_(1)-65-72.pdf

Download (447kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRI_UINSU_(1)-73-74.pdf

Download (181kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRI_UINSU_(1)-75-103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA kelas IV MIS AdDakwah Kabanjahe. Serta mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan penggunaan LKPD berbasis Proble Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS AdDakwah Kabanjahe yang berjumlah 56 orang. Sampel penelitian ini menggunakan metode random sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri atas satu kelas eksperimen (IV-A) dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang dan satu kelas kontrol (IV-B) dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa adalah tes essay yang berjumlah 5 soal. Analisis data menggunakan uji statistic dengan bantuan program SPSS seri 23.0. hasil penelitian yang dilaksanakan, maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MIS AdDakwah Kabanjahe. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana Thitung >Ttabel yaitu 3.353 > 1,676. Untuk penelitian lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara terperinci yang belum terjangkau saat ini

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:50
Last Modified: 08 Dec 2023 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item View Item