Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Big Book Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Di SD Negeri 101746 Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang T.A 2019/2020

Nurhaliza, Nurhaliza (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Big Book Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Di SD Negeri 101746 Klumpang Kebun Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media big book. 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media big book terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di SD Negeri 101746 Klumpang Kebun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasy Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101746 Klumpang Kebun yang berjumlah 48 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas VA sebagai kelas eskperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media big book adalah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berani mengemukakan pendapat dan pembelajarannya menggunakan media big book. 2) Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas eksperimen (VA) memiliki rata-rata lebh tinggi dengan nilai 85,00 dibandingkan dengan kelas kontrol (VB) dengan nilai 61,25. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media big book terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t dengan diperolehnya thitung> ttabel yaitu 3,721> 2,021 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya HO. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media big book berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas V SD Negeri Klumpang Kebun

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Media Big Book, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nadzalya Amalika
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:39
Last Modified: 08 Dec 2023 07:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21124

Actions (login required)

View Item View Item