ANALISIS EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT)DI SMP MUHAMMADIYAH 60 MEDAN

Solehah, Devi Umi (2022) ANALISIS EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT)DI SMP MUHAMMADIYAH 60 MEDAN. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana evaluasi terhadap konteks, Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 60 Medan. (2) bagaimana evaluasi terhadap masukan, Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 60 Medan. (3) bagaimana evaluasi terhadap proses, Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 60 Medan. (4) bagaimana evaluasi terhadap hasil, Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 60 Medan.Sesuai dengan tujuannya penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian evaluatif yang subjeknya yaitu guru PAI SMP Muhammadiyah 60 Medan. Data dan informasi dikumpulkan melalui study document/ analisis dokumen, observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Evaluasi konteks (context) kurikulum PAI adalah terkait dengan profil program Kurikulum 2013 yang berisikan visi, misi, tujuan dan landasan hukum dalam implementasi kurikulum PAI yang sudah disusun dengan sangat baik (100%) serta kendala program yang dihadapi yaitu jumlah jam pelajaran yang hanya 3 JP x 40 menit dalam seminggu, sarana prasarana yang kurang mendukung, ada beberapa siswa yang mengalami keterlambatan dan kesulitan belajar, tidak adanya kegiatan ekstrakurikuler berbasis religiusitas, kurang terjalinnya kerjasama yang baik dengan orang tua siswa. (2) Evaluasi masukan (input) kurikulum PAI adalah berkaitan dengan dua aspek, yaitu aspek guru PAI dalam memenuhi persyaratan administrasi pembelajaran meliputi pembuatan RPP sudah (82%), pengolahan Silabus sudah (73%), pengolahan Program Tahunan sudah (92%), penyusunan Program Semester sudah (90%), guru PAI sudah mengikuti pelatihan kurikulum PAI satu kali dan pada aspek sarana dan prasarana dalam pembelajaran PAI belum memadai. (3) Evaluasi proses (process) kurikulum PAI adalah kegiatan untuk mengukur sejauh mana kurikulum PAI sudah berjalan yang dilihat dari tiga aspek yaitu kegiatan proses pembelajaran (87,5%) yang ditinjau dari hasil observasi, kegiatan proses penilaian meliputi penilaian sikap mencapai (75%), penilaian pengetahuan sudah (100%), serta penilaian keterampilan mencapai (89%) dan adanya layanan kesiswaan seperti pembinaan baca al-quran dan praktik ibadah. (4) Evaluasi hasil (product) kurikulum PAI adalah fakta yang ditemukan di lapangan terkait dengan hasil belajar peserta didik berupa raport yang didalamnya terdapat nilai-nilai dan KKM mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 60 Medan. Penyusunan dan pengolahan KKM sudah (75%). Adapun pencapaian KKM pada mata pelajaran PAI oleh peserta didik di SMP Muhammadiyah 60 Medan sudah 32% dalam kategori sangat baik, 48% dalam kategori baik, 16% dalam kategori cukup

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Evaluasi, Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Model CIPP
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 06 Dec 2023 10:26
Last Modified: 06 Dec 2023 10:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20952

Actions (login required)

View Item View Item