Manajemen Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Religius di MTS Zia Salsabila

Artika, Denisa (2023) Manajemen Kepala Madrasah Dalam Membangun Budaya Religius di MTS Zia Salsabila. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Caver_Nisa_pake_stempel.pdf

Download (660kB)
[img] Text
_Bab_1_Nisa_ada_watermaks.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB_II_Denisaa_pdf.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB_III_Denisa.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB_IV_Denisa_pdf.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB_V_Denisa_pdf.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Denisa_DAFUS_pdf.pdf

Download (793kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana perencanaan kepala madrasah dalam membangun budaya religius di MTs Zia Salsabila (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen kepala madrasah dalam membangun budaya religius di MTs Zia Salsabila dan (3) Bagaimana Evaluasi kepala madrasah dalam membangun budaya religius di MTs Zia Salsabila Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala madrasah, waka kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan kredibilitas, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Dalam menerapkan membangun budaya religius di MTs Zia Salsabila kepala madrasah memulai dengan merencanakannya melalui koordinasi dengan yayasan dan melalui rapat dengan seluruh guru sehingga pada akhirnya diambillah sebuah keputusan bersama (2) Pelaksanaan budaya religius di MTs Zia Salsabila yaitu dengan beberapa program keagamaan yang sudah disepakati, diantaranya adalah do’a bersama, sholat dhuha berjamaah, membaca dzikir rotib al haddad bersama dan berjabat tangan antara siswa dan guru dan juga berpakaian yang sopan ala islami. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah MTs Zia Salsabila terhadap program kegiatan membangun budaya religius siswa di madrasah adalah dengan evaluasi rutin setiap bulan selama kegiatan berlangsung dan juga evaluasi pada akhir kegiatan, ini marupakan bagian dari model evaluasi formative, summative dan goal oriented model. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen kepala madrasah dalam membangun buadaya religius sudah terlaksana oleh Kepala Madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kepala madrasah, Budaya religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Tiopan Daris Siregar
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:23
Last Modified: 06 Dec 2023 07:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20912

Actions (login required)

View Item View Item