PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 02 MEDAN

Lubis, Ade Ruqayah (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 02 MEDAN. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
Cover_Ade_Ruqayah_Lubis.pdf

Download (654kB)
[img] Text
Bab_I_Ade_Ruqayah_Lubis.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB_II_Ade_Ruqayah_Lubis.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB_III_Ade_Ruqayah_Lubis.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB_IV_Ade_Ruqayah_Lubis.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB_V_Ade_Ruqayah_Lubis.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_Ade_Ruqayah_Lubis_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 02 Medan” yang dilatarbelakangi bahwa siswa belum mampumengkomunikasikan pembelajaran matematikanya dengan baik sehingga hasil belajar yang didapat didalam pembejaran matematika kurang maksimal. Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-1 sebanyak 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-2 sebanyak 25 orang siswa sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 02 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Model, Mathematical Communication Ability, Student Achievement
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 06 Dec 2023 05:17
Last Modified: 06 Dec 2023 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20897

Actions (login required)

View Item View Item