Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan Martabat Manusia Kelas X di SMK PAB 3 Medan Estate

Fadilla, Ade Irma Nur (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Menjauhi Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina untuk Melindungi Harkat dan Martabat Manusia Kelas X di SMK PAB 3 Medan Estate. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover_awal_wm.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_wm.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB_II_wm.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB_III_wm.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB_IV_wm.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB_V_wm.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_wm.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PAI. 2) mengetahui hasil belajar PAI melalui model pembelajaran discovery learning. 3) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK PAB 3 Medan Estate yang berjumlah 46 orang. Sampel pada penelitian ini diambil dari seluruh populasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuanitatif. Teknik pengumpulkan data menggunakan angket dan tes.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen, sehingga uji hipotesis menggunakan analisis Uji Independent Sample Ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 69.52. 2) Hasil Belajar yang menggunakan metode ceramah dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata sebesar 52,17, dan 3) pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X di SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Ajaran 2022/2023

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learnig, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Tamara Oktafiani Zega
Date Deposited: 05 Dec 2023 16:23
Last Modified: 09 Dec 2023 17:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item