PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MEMINIMALISASI KECEMASAN SISWA BELAJAR DARING DI SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA

Sinaga, Inka Khairiyah (2021) PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MEMINIMALISASI KECEMASAN SISWA BELAJAR DARING DI SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
Cover (3).pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bangun Purba. Adapun tujuanpenelitiannya yaitu untuk mengetahui, 1) Kondisi kecemasan siswa belajar daring SMA Negeri Bangun Purba, 2) Tahapan layanan konseling individu yang diberikan guru BK untuk meminimalisasi kecemasan siswa belajar daring SMA Negeri Bangun Purba. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, siswa, dan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap penerapan layanan konseling individu untuk meminimalisasi kecemasan siswa belajar daring di SMA Negeri 1 Bangun Purba. Adapun analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa, 1) Kondisi kecemasan siswa belajar daring di SMA Negeri 1 Bangun Purba yaitu siswa mengalami rasa takut yang berlebihan saat terlambat mengisi absensi pembelajaran daring, 2) Tahapan layanan konseling individu yang diberikan guru BK untuk meminimalisasi kecemasan siswa belajar daring di SMA Negeri 1 Bangun Purba yaitu dengan tahap awal bahwa memulai pendekatan dengan siswa agar siswa merasa nyaman saat konseling individu berlangsung, memberikan tahapan inti bahwa rasa takut yang berlebihan harus bisa dilawan dengan diri sendiri dan tahapan akhir bahwa tampak sudah penurunan rasa cemas siswa dari segi perilaku yang lebih positif, siswa sudah mampu memanagement sisa waktu untuk ke jenjang berikutnya. Proses konseling individu sedikit terhambat karena kondisi pembelajaran daring.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar Daring, Layanan Konseling Individu, Kecemasan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 05 Dec 2023 10:47
Last Modified: 05 Dec 2023 10:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20836

Actions (login required)

View Item View Item