Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Guru Di MTs Swasta Nurussholih Medan Polonia

Sitorus, Citra Malinda (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Guru Di MTs Swasta Nurussholih Medan Polonia. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_fix_CITRA_MALINDA_SITORUS.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_CITRA_MALINDA_SITORUS_(1).pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_CITRA_MALINDA_SITORUS_(1).pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_CITRA_MALINDA_SITORUS_(1).pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_CITRA_MALINDA_SITORUS_(1).pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_CITRA_MALINDA_SITORUS_(1).pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAPUS_SKRIPSI_CITRA_MALINDA_SITORUS_(1).pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum, bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Guru di MTs Swasta Nurussholih Medan Polonia (2) Bagaimana Sikap Kepala Madrasah Dalam Membentuk Sikap Disiplin Guru di MTs Swasta Nurussholih Medan Polonia (3) Bagaimana Kendala dan Upaya Penanggulangan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Agar Efektif dan Efisien. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Swasta Nurussholih Medan Polonia yang beralamat di Jl. Cempaka No. 20 Karawang Sari Rejo Medan Kecamatan Medan Polonia Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan Guru. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu creadibility, transferability, depandibility, dan confirmanbility. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala Madrasah MTs SwastaNurussholih Medan Polonia memiliki tujuh peran dalam meningkatkan sikap disiplin guru yaitu sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. (2) Sikap kepala madrasah dalam membentuk sikap guru sudah baik karena kepala madrasah MTs Swasta Nurussholih Medan Polonia mampu memberikan contoh teladan terhadap guru- guru di madrasah. (3) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan sikap disiplin guru adalah sangat tegas dalam kehadiran guru, dan untuk kendalanya adalah guru- guru masih ada yang tidak tepat waktu datang ke madrasah karena jarak dari rumah ke sekolah lumayan jauh sehingga kurang dalam disiplin. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan sikap disiplin guru di MTs Swasta Nurussholih Medan Polonia bahwasanya kepemimpinan kepala madrasah sudah baik dan menjadi contoh kepada warga madrasah dengan menerapkan tujuh peran kepemimpinannya yaitu sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Sikap Disiplin Guru
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.5 Organisasi > 2X6.55 Organisasi profesi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 02 Dec 2023 14:52
Last Modified: 02 Dec 2023 14:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20736

Actions (login required)

View Item View Item