Implementasi Konsep Integrasi Ilmu dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pembelajaran PAI di MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara

Br Munthe, Nur Saniah (2022) Implementasi Konsep Integrasi Ilmu dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pembelajaran PAI di MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul “Implementasi Konsep Integrasi Ilmu dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pembelajaran PAI di MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang Pertama; Bentuk dan implementasi konsep integrasi ilmu dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran PAI di MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara, Kedua; Faktor penghambat implementasi konsep integrasi ilmu dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran PAI di MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, yakni sebuah upaya yang dilakukan untuk melihat objek penelitian dan sumber data dengan melihat langsung peristiwa yang terjadi, kemudian memformulasikannya menjadi sebuah kajian fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini secara umum menemukan bahwa, Pertama, bentuk konsep integrasi ilmu dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran PAI di MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara yakni mengadopsi konsep integrasi informatif yaitu informasi dari suatu disiplin ilmu yang memberikan informasi atas displin ilmu yang lain Bentuk integrasi ini adalah turunan dari konsep integrasi-interkoneksi Amin Abdullah. Implementasi konsep integrasi ilmu dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran PAI ada dua yaitu: 1) Integrasi dengan skema vertikal, yakni mengaitkan muatanmuatan ilmu dalam materi ajar dengan nilai-nilai ketuhanan dalam dalil-dalil yang tersedia. 2) melakukan heterogenisasi informasi, yakni merangkum seluruh spektrum informasi yang berkaitan dengan kondisi di masyarakat kepada muatan-muatan ilmu materi ajar; Kedua, Faktor penghambat yang dialami guru mata pelajaran umum di MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara dalam melakukan implementasi konsep integrasi ilmu yakni hambatan internal (individu guru) dan hambatan eksternal (luar individu guru). Hal yang menjadi hambatan internal adalah minimnya kemampuan guru dalam melakukan inovasi dalam metode dan strategi dalam integrasi nilai-nilai religius pada pembelajaran. Hal yang menjadi hambatan eksternal adalah adanya beberapa siswa di dalam kelas yang usil dan memancing keributan di dalam kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Integrasi Ilmu, Pembelajaran PAI.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:18
Last Modified: 21 Sep 2023 05:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20382

Actions (login required)

View Item View Item