Manajemen Pembelajaran Program Boarding School di MAN 1 Langkat

Putra, Muhammad Irwansah (2023) Manajemen Pembelajaran Program Boarding School di MAN 1 Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1-_COVER_-_DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (901kB)
[img] Text
2-_BAB_1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3-_BAB_2.pdf

Download (543kB)
[img] Text
4-_BAB_3.pdf

Download (316kB)
[img] Text
5-_BAB_4.pdf

Download (542kB)
[img] Text
6-BAB_5.pdf

Download (222kB)
[img] Text
7-_DAFTAR_PUSTAKA_DST.pdf

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Program Boarding school di MAN 1 Langkat, Pengorganisasian pembelajaran Program Boarding school di MAN 1 Langkat, pelaksanaan pembelajaran Program Boarding school di MAN 1 Langkat, dan Pengawasan pembelajaran Program Boarding school di MAN 1 Langkat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan ini bertujuan untuk melihat dan mengungkapkan keadaan serta objek dalam konteksnya dengan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang objek yang diteliti. Partisipan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Kepala Asrama, Guru dan Siswa di MAN 1 Langkat. Adapun teknik dalam upaya mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui Observasi (Pengamatan), Wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran program boarding school di MAN 1 Langkat meliputi tahap perencanaan, pengorganisaian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pada tahap perencanaan meliputi penentuan tujuan dan target boarding school, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, menentukan sumber daya yang diperlukan, dan menetapkan indikator keberhasilan dalam mencapai tujuan tersebut. Fungsi pengorganisasian dalam boarding school juga telah berjalan dengan baik. Pengalokasian sumber daya, penentuan tugas dan prosedur, serta struktur organisasi yang jelas dengan garis kewenangan dan tanggung jawab telah membantu kelancaran program boarding school. Selain itu, kegiatan rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan pengembangan tenaga kerja juga telah dilakukan untuk memastikan bahwa sumber daya manusia yang terlibat dalam boarding school berada pada posisi yang sesuai. Dalam pelaksanaan kegiatan boarding school, semua pihak terlibat telah berperan dengan baik, mulai dari musyrif, musyrifah, hingga asatidz yang melaksanakan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan variasi yang menjadikan para peserta didik aktif serta bersemangat dalam belajar. Pengawasan yang dilakukan oleh musyrif-musyrifah tetap berlangsung dengan baik. Pengawasan dilakukan secara periodik, dari harian hingga akhir tahun, untuk memastikan keseharian siswa berjalan dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Boarding school, MAN 1 Langkat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:58
Last Modified: 11 Sep 2023 02:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20361

Actions (login required)

View Item View Item