Perbedaan Kemampuan Representasi Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Missouri Mathematics Project (MMP) di Kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah

Lubis, Putri Angggi (2023) Perbedaan Kemampuan Representasi Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Missouri Mathematics Project (MMP) di Kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Skripsi_Putri_Anggi_Lubis.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Perbedaan Kemampuan Representasi Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Missouri Mathematics Project (MMP) di Kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah”, yang dilatarbelakangi bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika cukup memprihatinkan dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas tatap muka terbatas pada kegiatan pembelajaran konvensional yakni kegiatan menyimak dan berceramah saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) dan missouri mathematics project (MMP) pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 116 siswa, sedangkan sampelnya 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan representasi berupa pre test dan post test yang terdiri dari 6 soal yang berbentuk uraian soal. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan uji t dan telah terpenuhi prasyarat sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Nilai pre test kemampuan representasi siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) diperoleh rata-rata 31,1579, standar deviasi 12,3102, varians 151,542, nilai terendah 8 dan nilai tertinggi 50. Dan nilai post test kemampuan representasi siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) diperoleh rata-rata 81,5263, standar deviasi 9,7668, varians 95,391, nilai terendah 63 dan nilai tertinggi 100. 2) Nilai pre test kemampuan representasi siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) diperoleh rata-rata 34,7632, standar deviasi 10,1620, varians 103,2667, nilai terendah 17 dan nilai tertinggi 50. Dan nilai post test kemampuan representasi siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) diperoleh 76,8158, standar deviasi 9,6025, varians 92,2084, nilai terendah 58 dan nilai tertinggi 96. 3) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) dan missouri mathematics project (MMP) pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik , layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada pembelajaran matematika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematika Siswa, Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:53
Last Modified: 11 Sep 2023 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20357

Actions (login required)

View Item View Item