Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sistem Ekskresi

Haryani, Putri (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover-daftar_lampiran_.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Bab_I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Bab_II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
Bab_III.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Bab_IV.pdf

Download (672kB)
[img] Text
Bab_V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Daftar_pustaka-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Sistem Ekskresi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi untuk menguji kelayakan, kepraktisan serta mengetahui keefektifan LKPD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan Borg & Gall (research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision,main field testing, and operational product ). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Brandan Barat. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase rata-rata sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon guru diperoleh persentase rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian respon peserta didik pada uji coba skala terbatas diperoleh persentase rata-rata sebesar 80,99% dengan kategori sangat praktis dan pada uji coba skala luas diperoleh persentase rata-rata sebesar 83,99% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dilihat dari nilai n-gain skala terbatas 0,60 dan skala luas 0,53 dalam kategori sedang dengan kriteria cukup efektif. Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan produk, maka LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi yang dikembangkan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, R&D Model Borg & Gall, Sistem Ekskresi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:26
Last Modified: 08 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item