Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII-2 di SMP Negeri 2 Kuala T.P. 2021/2022

Naimah, Asha (2021) Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII-2 di SMP Negeri 2 Kuala T.P. 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1_COVER_Asha.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_asha.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB_II_asha.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB_III_asha.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB_IV_asha.pdf

Download (567kB)
[img] Text
6__BAB_V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya penelitian ini gunanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran learning start with a question pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kuala Kabupaten Lngkat Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa sebelum diterapkannya model pembelajran learning start with a question menunjukkan presentase sebesar 20% (9 siswa). Namun sesudah diterapkannya model pembelajaran learning start with a question dalam pembelajaran IPS maka diperoleh hasil pada siklus I sebesar 40.62% (13 siswa). Pada siklus berikutnya kembali diterapkan model pembelajaran learning start with a question guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan diperolehnya hasil sebesar 90.62% (29 siswa). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran learning start with a question dalam proses pembelajaran IPS mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas VII di SMP Negeri 2 Kuala Tahun Pelajaran 2021/2022.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Start with a Question, Berpikir Kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:41
Last Modified: 06 Sep 2023 02:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20330

Actions (login required)

View Item View Item