Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA

Rahmawaty, Fauziyah (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER__.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB_I__.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB_II__.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB_III__.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB_IV__.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB_V__.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah LKPD berbasis problem based learning pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X yang layak, praktis dan efektif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseacrh and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang telah dikembangkan valid dan layak diterapkan dengan persentase 87% (ahlimedia), 99,2% (ahli materi), 97% (ahli bahasa). LKPD juga dinyatakan praktis dilihat dari angket respon guru dengan persentase 100% dan angket respon peserta didik sebesar 97%. LKPD dinyatakan efektif dilihat dari hasil N-Gain score sebesar 0,9 dengan kategori “Tinggi”. Kemampuan pemecahan masalah siswa juga meningkat dilihat dari hasil pretest sebesar 57% (Kurang) dan postest sebesar 96% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X telah dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan. LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik danguru dapat menggunakan LKPD sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:35
Last Modified: 01 Sep 2023 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item