Rejeki, Seri (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Islam Pada Pembelajaran IPS Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Auladil Muslimin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
COVER_SERI.pdf Download (861kB) |
|
Text
BAB1_SERI.pdf Download (456kB) |
|
Text
BAB2_SERI.pdf Download (622kB) |
|
Text
BAB3_SERI.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB4_SERI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB5_SERI.pdf Download (325kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_SERI_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui Pembelajaran IPS, (2) untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS, (3) untuk mengetahui peluang dan ancaman dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS di Madrasah TsanawiyahSwasta TarbiyahAuladil Muslimin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis pendekatan fenomenologis lalu menggunakan analisis Swot untuk mengetahui hasil evaluasinya. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, guru agama dan siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Auladil Muslimin. Setelah data diproses selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS pada setiap materi pembelajaran IPS yaitu melalui RPP yang tercantum pada tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. (2)Terdapat kekuatan dan kelemahan dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS, kekuatannya yaitu: guru yang \profesional dalam mengajar, sarana dan prasarana yang mendukungdan lingkungan yang berbasis Islam. Selanjutnya kelemahannya adalah: perbedaan karakteristik siswa, Rasa jenuh dan bosan yang dialami oleh peserta didik. (3) Terdapat peluang dan ancaman dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS, peluangnnya yaitu: adanya pengawas sekolah, kelompok kerja guru (KKG) dan wali murid. Selanjutnya ancamannya adalah: lingkungan sosial siswa yang berada di luar. Upaya dalam mewujudkan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai yang Islami melalui pembelajaran IPS, peran kepala sekolah sebagai pemimpin sangat diharapkan dalam meningkatkan pembelajaran IPS yang diterapkan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam. Bagi guru atau pendidik diharapkan agar selalu menerapkan Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam melalui pembelajaran IPS,dan bagi siswa diharapkan bisa belajar dengan baik dan bisa mengatur waktu serta membiasakan diri dengan program-program pendidikan yang bernuansa Islami.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 04:12 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 04:12 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20275 |
Actions (login required)
View Item |