Permasahalahan dalam Pembelajaran Tematik IPA Kelas V Sekolah Dasar Swasta PAB 19 Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan

Nasution, Dwi Kartika (2023) Permasahalahan dalam Pembelajaran Tematik IPA Kelas V Sekolah Dasar Swasta PAB 19 Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_DWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_DWI.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB_II_DWI.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB_III_DWI_K.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB_IV_DWI_K.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB_V_DWI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DWI.pdf

Download (927kB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui tahapan pembelajaran tematik pada tema benda-benda sekitar kurikulum 2013 di SD Swasta PAB 19 Bandar Klippa, (2) untuk mengetahui apa saja problematika yang dialami guru ketika penerapan pembelajaran IPA tematik tema benda-benda sekitar pada kurikulum 2013 di SD Swasta PAB 19 Bandar Klippa, dan (3) untuk mengetahui solusi apa yang dilakukan guru dan sekolah terhadap problematik yang dialami guru pada saat penerapan pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif yaitu berupa data-data yang didapat baik berupa tertulis maupun dari lisan orang yang berkaitan. Subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas V dan Kepala Sekolah SD Swasta PAB 19 Bandar Klippa. Dalam proses pengumpulan data pneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan penerapan pembelajaran IPA tematik pada kurikulum 2013 di SD Swasta PAB 19 Bandar Klippa sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, karena dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian atau evaluasi. Namun secara keseluruhan belum maksimal, dikarenakan dalam menyampaikan pembelajaran guru masih mengalami kendala ataupun problematika yang membuat pembelajaran jadi kurang maksimal. Adapun Kendala atau problem yang dialami guru, anatara lain ialah kurangnya kesiapan guru dan sekolah dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang kurang memadai, sehingga membuat guru terkadang masih bingung dalam hal menyiapkan media, materi, dan metode. Dari adanya kendala tersebut, adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi hal tersebut ialah guru harus saling bertukar informasi dan bekerjasama dengan guru lainnya mengenai model pembelajaran tematik. Kemudian, dengan selalu mengadakan pelatihanpelatihan terkait dengan penerapan model pembelajaran tematik pada kurikulum 2013.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:35
Last Modified: 24 Aug 2023 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20271

Actions (login required)

View Item View Item