Model Komunikasi Guru PAI Selama Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Kabanjahe Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo

Ghalib, Muhammad (2022) Model Komunikasi Guru PAI Selama Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Kabanjahe Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (945kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan model komunikasi guru PAI selama pembelajaran daring di SMA Negeri 2 Kabanjahe serta faktor penghambat dan pendukung model komunikasi guru PAI selama pembelajaran daring di SMA Negeri 2 Kabanjahe Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru PAI di SMA Negeri 2 Kabanjahe Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara daring dan luring, serta dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru menyiapkan beberapa hal yaitu kuota dan jaringan yang stabil agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik; lalu menyiapkan materi pembelajaran berupa buku paket, link video Youtube terkait materi, menyiapkan referensi lain terkait materi yang akan diajarkan atau perkiraan pertanyaan yang akan diajukan siswa, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam hal ini guru merencanakan interaksi yang interaktif dengan siswa, yaitu model komunikasi tubs. Dalam pelaksanaanya guru menggunakan beberapa aplikasi yaitu Telegram dan Zoom; kemudian penugasana sebagai tolak ukur ketuntasan materi, adapun model komunikasi yang dilakukan adalah Model Berlo atau dikenal dengan model SMCR dengan kombinasi Model komunikasi Aristoteles. Kemudian untuk faktor pendukung dan penghambat model komunikasi guru PAI selama pembelajaran daring tersebut terbagi menjadi 2, yaitu secara eksternal dan internal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:48
Last Modified: 18 Aug 2023 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20254

Actions (login required)

View Item View Item