Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Al-Ihsan Desa Muarasoma Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal

Wahyuni, Wahyuni (2022) Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Al-Ihsan Desa Muarasoma Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Caver_wahyuni.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_Wahyuni.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB_II_Wahyuni.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB_III_Wahyuni.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB_IV_Wahyuni.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB_V_Wahyuni.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Dapus_Wahyuni.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini pada aspek rasa percaya diri di RA Al-Ihsan desa Muarasoma, 2) strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini pada aspek rasa tanggung jawab di RA Al-Ihsan desa Muarasoma, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini di RA Al-Ihsan desa Muarasoma. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan pada anak didik di RA Al-Ihsan Desa Muarasoma, wawancara dengan kepala sekolah, pendidik, dan dokumentasi di RA Al-Ihsan Desa Muarasoma. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data selanjutnya ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini pada aspek rasa percaya diri menggunakan pembelajaran melalui bernyanyi. 2) strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini pada aspek rasa tanggung jawab menggunakan pembelajaran melalui bermain. 3) faktor yang mempengaruhi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini ada dua faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi anak-anak mudah diarahkan dalam hal kecerdasan sosial emosional. Sedangkan faktor penghambat meliputi sebagian anak ada yang masih takut atau minder sama temannya dan beberapa anak ada yang mengalami gangguan berbicara, sehingga ia sulit berinteraksi dengan yang lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:19
Last Modified: 16 Aug 2023 06:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20246

Actions (login required)

View Item View Item