Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Medan

Sinulingga, Eva Diana Br. (2022) Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Lampiran_(2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS), sekaligus intuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas penggunaannya. Pengembangan produk awal dilakukan dengan menganalisis dan mengadakan obeservasi mengenai kebutuhan siswa dan guru serta disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah. Uji kelayakan dilakukan dengan penilaian angket oleh tiga ahli (Expert), yaitu ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, serta keterlibatan siswa melalui uji coba perorangan dan uji coba kelompok. Sedangkan efektivitas produk dapat diketahui melalui uji coba lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R and D atau Research and Development, yang mengacu pada model pengembangan modifikasi dari Borg and Gall, dengan 7 langkah pengembangan, yaitu : studi awal, produk awal, validasi ahli, revisi produk, uji coba perorangan dan kelompok, uji coba lapangan dan produk akhir. Hasil dari pengembangan produk modul Pendidikan Agama Islam berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) sangat layak dan efektif, Skor rata-rata untuk uji kelayakan adalah sebesar 88, 38% dengan kategori sangat layak, sedangkan skor rata-rata perolehan uji efektivitas sebesar 78, 64% . kemudian pada uji t-test diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul Pendidikan Agama Islam berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS), dengan rata-rata hasil prestasi belajar kognitif sebelum menggunakan modul 58, 25 dan sesudah menggunakan modul 90, 50.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:16
Last Modified: 14 Aug 2023 07:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20228

Actions (login required)

View Item View Item