Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sarana Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 35 Medan

Muammar, Muammar (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sarana Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 35 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_MUAMMAR_COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUAMMAR_BAB_1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUAMMAR_BAB_2.pdf

Download (438kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUAMMAR_BAB_3.pdf

Download (203kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUAMMAR_BAB_4.pdf

Download (348kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUAMMAR_BAB_5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUAMMAR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan yang terdiri dari perencanaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana, pengawasan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 35 Medan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, staf tata usaha dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transfer, ketergantungan dan kesesuaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola perencanaan sarana dan Prasarana di SMP Negeri 35 Medan yaitu sebagai manajer yang menyusun perencanaan pengadaan sarana dana prasarana yang akan dibutuhkan, membuat panitia perencanaan, melaksanakan rapat perencanaan dengan menganalisis kebutuhan guna mengenali catatan kebutuhan fasilitas serta prasarana apa saja yang hendak dibeli ataupun diadakan sesuai anggaran pihak sekolah. 2). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pengawasan sarana dan prasarana di SMP Negeri 35 Medan yaitu dapat dikatakan cukup baik, kepala sekolah terjun langsung baik itu perihal perencanaan pengadaan hingga dengan pemeliharaan serta hendak di diskusikan dengan pihak staf tata usaha. Kepala sekolah langsung terjun untuk melihat keadaan, dan tidak langsung kepala sekolah melihat laporan dari kepala tata usaha tentang sarana prasarana yang dimiliki. 3). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pemeliharaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 35 Medan yaitu kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap keberadaan serta kondisi peralatan secara rutin bila ada yang rusak langsung dilakukan perbaikan dan kepala sekolah melibatkan semua warga sekolah untuk selalu menjaga fasilitas yang dimiliki dan memberikan arahan atau bimbingan untuk selalu menjaga keamanan sarana dan prasarana yang dimiliki agar tidak rusak

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:26
Last Modified: 07 Aug 2023 04:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20167

Actions (login required)

View Item View Item