Implementasi Layanan Konseling Individu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Cerdas Murni

Kasiani, Dini (2023) Implementasi Layanan Konseling Individu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Cerdas Murni. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Dini Kasiani - Cover-1.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Dini Kasiani - BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Dini Kasiani - BAB II.pdf

Download (642kB)
[img] Text
Dini Kasiani - BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Dini Kasiani - BAB IV.pdf

Download (605kB)
[img] Text
Dini Kasiani - BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Dini Kasiani - Dapus dan Lampiran.pdf

Download (815kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi layanan konseling individu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Mts Cerdas Murni. 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi konseling individu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Mts Cerdas Murni. Metodologi yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling, kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran dan siswa di MTs Cerdas Murni. Metode pengumpulan data terdiri dari: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan guru Bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Cerdas Murni ialah dengan dengan memberikan semangat belajar kepada siswa, melakukan pendekatan kepada siswa yang berguna untuk membangun komunikasi yang harmonis dengan siswa di MTs Cerdas Murni. Pelaksanaan konseling individu dilaksanakan berdasarkan kebutuhan siswa yang mencakup ruang lingkup BK yaitu bidang bimbingan pribadi, belajar, karir, keluarga, dan agama. Layanan konseling individu di MTs Cerdas Murni menerapkan asas-asas bimbingan dan konseling dalam pelaksanaanya. 2) Faktor pendukung antara lain ruang BK dan kerjasama yang harmonis antara tenaga pendidik, faktor penghambat antara lain: tidak adanya jam masuk BK, siswa yang kurang terbuka dalam menyampaikan masalahnya serta orang tua siswa yang kurang perduli terhadap semangat belajar siswa di sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:34
Last Modified: 27 Jul 2023 07:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20085

Actions (login required)

View Item View Item