Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di SMA N 1 Kotapinang

Patmawati, Putri (2021) Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di SMA N 1 Kotapinang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__COVER-min_(2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__BAB_I-min.pdf

Download (163kB)
[img] Text
3__BAB_II-min.pdf

Download (255kB)
[img] Text
4__BAB_III-min.pdf

Download (76kB)
[img] Text
5__BAB_IV-min.pdf

Download (163kB)
[img] Text
6__BAB_V-min.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA-min.pdf

Download (915kB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran di SMA N 1 Kotapinang, 2) layanan-layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK SMA N 1 Kotapinang, 3) faktor-faktor yang menghambat upaya guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar di SMA N 1 Kotapinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data primer dalam penelitian skripsi ini adalah guru BK SMA N 1 Kotapinang dan data sekunder dari penelitian ini ialah guru bidang studi, dan siswa SMA N 1 Kotapinang, dalam proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu, a) observasi semi partisipan, b) wawancara, dan c) pengkajian dokumen. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa 1) kesulitan yang dialami siswa SMA N 1 Kotapinang dalam proses pembelajaran daring yang paling menonjol seprti jaringan internet tidak stabil, tugas terlalu banyak, sulit fokus, pulsa kouta terbatas, aplikasi terlalu rumit dan lebih senang pembelajaran tatap muka, 2) Upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar di SMA N 1 Kotapinang yaitu guru BK melakukan identifikasi kesulitan belajar siswa, melakukn layanan konseling individual, layanan konsultasi dengan orang tua, melakukan observasi dengan guru bidang studi, 3) hambatan-hambatan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar di SMA N 1 Kotapinang yaitu kurangnya sarana dan prasarana, tidak adanya jam khusus untuk memberikan layanan klasikal, kurangnya upaya guru BK, serta kurangnya kepedulian orang tua siswa dalam memantau dan membantu anak dalam belajar khususnya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru BK, Kesulitan Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:49
Last Modified: 26 Jul 2023 05:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20062

Actions (login required)

View Item View Item