Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Media Microsoft Power Point pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X SMA IT Al-Fityan School Medan

Asshifa, Fachrunnisa (2022) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Media Microsoft Power Point pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X SMA IT Al-Fityan School Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB_1_compressed.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB_4.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB_5_compressed.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Fix_DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui 1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project dengan pembelajaran microsoft power point.2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project dengan pembelajaran microsoft power point.3) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran missouri mathematics project.4) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran microsoft power point. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen, Populasi pada penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-2 di SMA IT Al-Fityan yang berjumlah 20 siswa ditiap masing-masing kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti merupakan sampling jenuh, X1 dan X-2 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Analisis ii data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan microsoft power point materi pokok SPLTV dengan Fhitung = 22,75 pada taraf (a= 0,05) = 4,08; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan microsoft power point materi pokok SPLTV dengan Fhitung = 65,42 pada taraf (a= 0,05) = 4,08; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project materi pokok SPLTV dengan Fhitung = 9,42 pada taraf (a= 0,05) = 4,08 ; 4) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatifmatematis siswa yang diajar menggunakan microsoft power point Fhitung = 41,32 pada taraf (a= 0,05) = 4,03. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis lebih sesuai diajarkan dengan pembelajaran missouri mathematics project daripada pembelajaran microsoft power point pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:33
Last Modified: 26 Jul 2023 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20057

Actions (login required)

View Item View Item