Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Mis Cendikia Bunayya

Ginting, Husin Rizki (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Mis Cendikia Bunayya. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan, Pernyataan Keaslian Skripsi, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV MIS Cendikia Bunayya Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2022/2023 .Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas IV MIS Cendikia Bunayya Kabanjahe berjumlah 116 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi dengan desain two group post-test only control design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi dalam bentuk tes essay. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan menulis laporan hasil observasi.Tes pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 65,17, standar deviasi 11,13 dan standar error 2,14 sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 80,00, standar deviasi 10,08 dan standar error 1,94. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 74,15, selanjutnya disesuaikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (28 + 28) – 2 = 54. Pada tabel t dengan dk = 54 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,67. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 74,15> 1,67 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media Flashcard berpengaruh digunakan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV MIS Cendikia Bunayya Tahun Pembelajaran 2022/2023

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:49
Last Modified: 26 Jul 2023 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20052

Actions (login required)

View Item View Item