Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Dan Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Materi Turunan

Siregar, Ramadhan (2022) Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Dan Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Materi Turunan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika interaktif berbasis web pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XII IPA 2 MAS Plus Al-Ulum Medan. Penilitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan media yang dikembangkan. Materi ajar yang disajikan peneliti ialah turunan fungsi aljabar untuk peserta didik kelas XII MA/SMA. Subjek dalam penilitian ini ialah pesera didik kelas XII IPA 2 MAS Plus Al-Ulum Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D, yakni terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Dessiminate). Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini ialah lembar validasi untuk mengukur kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan, lembar angket uji kepraktisan siswa, lembar angket uji kepraktisan guru, serta tes hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penilitian ini dinyatakan valid, berdasarkan skor persentase kelayakan oleh ahli media yaitu 81% dan oleh ahli materi yaitu 81% dengan kategori sangat layak. Media yang dikembangkan juga dinyatakan sangat peraktis berdasarkan penilaian gur dan siswa, hal ini dilihat dari persentase uji kepraktisan siswa yaitu 81% dengan kategori sangat prakktis dan persentase uji kepraktisan guru yaitu 83% dengan kategori sangat prakktis. Media pembelajaran yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria efektif berdesarkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80% dengan hasil N Gain 65% yang tergolong cukup efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Interaktif, Inovatif, Website, 4D
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:55
Last Modified: 21 Jul 2023 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20032

Actions (login required)

View Item View Item