Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Potensi Belajar Siswa Di Sdn No 108030 Siboras Desa Silau Padang Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai

Purba, Norma Insani (2022) Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Potensi Belajar Siswa Di Sdn No 108030 Siboras Desa Silau Padang Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Caver dan lainnya.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (585kB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian bertujuan untuk : 1) Mengetahui Bentuk Penggunaan Gadget Pada Siswa Kelas V di SDN No 108030 Siboras, 2) Mengetahui bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan Gadget terhadap potensi belajar siswa. Penelitian ini membahas tentang “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Potensi Belajar Siswa di SDN No 108030 Siboras Desa Silau Padang Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dan penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang dilakukan dengan teknis observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu data reduction (Reduksi Data), yaitu merangkum semua data-data yang telah terkumpul. data display (Penyajian Data) yaitu membuat penyajian data melalui tabel, grafik, dan lain sebagainya, dan Conclusion drawing/vertification adalah penarikan kesimpulan. Jadi setelah datanya tereduksi atau di rangkum, lalu disajikan dengan bentuk yang lebih mudah difahami, kemudian langkah akhir yaitu membuat kesimpulan dari data-data yang telah terkumpul. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1). Guru, orang tua serta siswa sendiri mengakui bahwa terdapat masalah pada anak didik yang terjadi akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Dampaknya bisa dilihat dari perubahan sikap, akhlak dan kepribadian yang tertutup. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hanya sedikit anak yang tidak ketergantungan oleh gadget, contohnya adalah murid kelas v yang bernama Aura Apriliani. 2). Bentuk Penggunaan gadget pada anak sekolah dasar biasanya dipakai untuk bermain game dari total keseluruhan pemakaian. Sedangkan yang cukup banyak juga dikalangan anak sekolah dasar adalah pemakaian Gadget untuk bermain di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Tiktok Instagram dan lainnya. Sedangkan hanya sedikit sekali yang menggunakan Gadget untuk berkomunikasi dengan orang lain atau melihat dan mencari pengetahuan serta melihat video pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dampak Gadget, potensi belajar siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:56
Last Modified: 17 Jul 2023 07:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20012

Actions (login required)

View Item View Item